Apakah Resolusi Masih Berguna?



Annyeong haseyo yoerobuun..


Menjelang akhir tahun begini sudah banyak bertebaran pertanyaan tentang resolusi apa yang kita miliki untuk tahun depan. Apa rencana kita. Apa impian yang ingin kita wujudkan. Apa target pencapaian yang kita pasang untuk setahun ke depan.

Sudah pernah ada yang bertanya tentang resolusi kepada teman-teman?

Neng sudah dapat beberapa pertanyaan itu dari percakapan dengan teman, partner bisnis atau cuma sekedar pertanyaan retoris di artikel online. Terus tahu ga bagaimana reaksi neng? Kalau teman-teman membaca artikel neng sebelumnya pasti paham deh kalo sekarang ini neng sudah enggan membuat resolusi secara spesifik.

Keengganan neng membuat target atau resolusi secara lebih spesifik bukan semata-mata karena takut target tidak tercapai. Tapi beberapa kali merencanakan atau mencanangkan target tertentu terus meleset. Entah itu akhirnya mendapat yang jauh lebih baik atau berbeda haluan jauh dari target yang dicanangkan. Nah, ketika ketidak sesuaian itu terjadi, neng itu bukannya mengambil hikmah malah cenderung destruktif. Neng terlalu memikirkan dan akhirnya kontra produktif

Nah sejak neng menyadar hal tersebut, neng mulai untuk tidak membuat target secara spesifik. Ada gambaran rencana besar dalam jangka pendek dan jangka panjang. Namun rencana yang neng buat itu bukan jadi frame belenggu yang harus terjadi seperti itu. Neng terbuka untuk segala macam kemungkinan untuk perubahan rencana. Ke arah manapun perubahan rencana itu, neng melatih diri untuk siap menyesuaikan diri dan replanning.

Mengapa demikian?

Karena neng mendapat insight bahwa kita boleh tegas pada target atau tujuan akhir yang ingin kita capai tapi harus fleksibel pada bagaimana menuju ke sana. Selain itu, bukankah sehebat dan sebagus apapun rencana kita sebagai manusia, maka rencana terbaik bukankah hanya rencanaNya.

Jadi… sekarang neng punya rencana besar yang ingin neng capai tahun ini. Juga rencana besar beberapa tahun ke depan. Tapi neng jadi orang yang sangat sangat fleksibel sekarang ini. Mau dibelokin ke arah mana saja dulu hayuuuuk…

Terus kalo gini resolusi masih berguna gak? It depens on you, kalau kamu adalah orang orang yang sangat target oriented dan bisa sangat disiplin dan kaku dalam mewujudkan target, so do it gals. Buat resolusi terbaikmu untuk tahun depan dan segera wujudkan. Tapi kalau kamu tipe tipe kaya neng, ya gak apa buat aja tapi fleksibellah untuk mewujudkannya…

Yang pasti… neng dan teman teman harus punya arah mau ke mana tujuan kita melangkah. Jangan terlalu fleksibel sampai ngglambyar gak jelas. Semangat ya kesayangan….

Jangan lupa bahagia…    



No comments:

Post a Comment