Yaopo Kabare Reek…

Hehehe kali ini spesial neng menyapa dengan bahasa Surabaya gengs. Kenapa? Yup hari ini adalah hari jadi kota Surabaya ke 726 tahun. Usia yang sudah cukup tua yah untuk sebuah kota. Eits tapi jangan salah, usia boleh tua tapi wajah kota Surabaya semakin muda dan kekinian. Kota tempat kelahiran neng ini makin hari makin dipoles menjadi lebih cantik. Di bawah pimpinan bu Risma, Surabaya tidak hanya bertransformasi sebagai kota yang lebih cantik tapi juga sangat nyaman bagi warganya.







Buat neng sekarang ini Surabaya cuma punya satu kata NYAMAN. Mungkin memang tidak semetropolitan Jakarta yang ada bus transjakarta, sekarang ada MRT, atau kehidupan yang sepertinya berputar 24 jam. Tapi perlahan namun pasti, Surabaya bertransformasi menjadi kota metropolitan dengan wajah yang berbeda. Tidak sekaku Jakarta, tapi Surabaya menjadi kota yang maju secara teknologi, transportasi, perkembangan dunia propertinya, serta menjadi lebih cantik dengan sentuhan berbagai taman kota dan ruang publik. Surabaya menjadi kota metropolitan sekaligus nyaman untuk ditempati. Apa saja sih yang bikin nyaman tinggal di Surabaya?

Biaya Hidup Relatif Murah
Nah salah satu enaknya dan nyamannya tinggal di Surabaya itu adalah biaya hidup yang relatif murah untuk ukuran kota besar yah. Kalo dibandingin ama Jakarta mah jauh. Di Surabaya kita masih bisa nemuin banyak makanan yang bisa dibeli dengan harga di bawah 10 ribu. Dan itu bukan sekedar cemilan kaya gorengan. Tapi beneran makanan hehehe… Harga properti di Surabaya baik sewa maupun beli, tidak setinggi di Jakarta. Tetap ada kelas properti premium, tapi kalau budgetnya gak sebegitu besar cari kosan yang harga 350-500 rb sebulan juga masih ada.

Kuliner Enak
Surabaya itu surga kuliner enak. Mulai dari streetfood, makanan khas, sampai makanan internasional ada di sini. Dari yang halal atau non halalpun ada. Mulai dari warung kaki lima sampai resto bintang lima ada. Tinggal siapin aja duit dan perut kosong kalo mau wisata kuliner di Surabaya. Tempat-tempat kuliner mana aja yang legendaris dan kekinian di Surabaya nanti neng bahas di next blog yah.

Ruang Publik
Salah satu yang bikin Surabaya jadi tempat yang nyaman banget buat ditinggali yaitu banyaknya ruang publik yang sengaja diciptakan oleh pemerintah Kota Surabaya untuk tempat berinteraksi warganya. Ada banyak taman yang memiliki tema berbeda beda bertebaran di Surabaya, ada juga air mancur yang menghiasi, tempat untuk skate board, panjat dinding, dll. Selain itu banyak ruang publik yang sudah dilengkapi dengan wifi hotspot.

One Stop Living Area
Di Surabaya juga mulai banyak ditemukan one stop living area. Area terintegrasi antara hunian, mall, tempat hiburan, dan sekaligus perkantoran. Jadi bagi mereka yang mampu dan mendambakan kehidupan yang lebih nyaman dan serba mudah aksesnya akan lebih memilih tinggal di daerah seperti ini. Di Surabaya Barat ada Supermall, di tengah ada kawasan Tunjungan, di timur ada Pakuwon, dan masih banyak titik lainnya.  

Kemudahan Birokrasi
Daaan… yang paling bikin nyaman tinggal di Surabaya adalah kemudahan birokrasinya. Adanya Mall Pelayanan Publik di Surabaya sangaat membantu warganya untuk mengurus segala hal tentang surat menyurat legalitas. Tidak perlu keliling ke mana-mana, cukup di satu tempat. Selain itu juga adanya command centre 112 juga sangat membantu warga jika untuk melaporkan segala hal terkait keluhan warga.

Nah gimana setelah ada penjelasan di atas pengen gak tinggal di Surabaya. Konon kemarin nama kota Surabaya sempat diusulkan sebagai calon ibukota baru bagi negara Indonesia loh. Tapi neng ga ngikutin lagi sih selanjutnya.

Hepi besdey kota kesayangan neng. Mmmuaacchhh.

See you at the next blog post. Bhubaayy…   
   



Annyeong yoerobun…

Kali ini neng mau manggil para hijabers nih… teman-teman hijabers pasti dong punya koleksi hijab yang dipakai sehari-hari atau untuk acara tertentu. Yakin sih neng koleksnya di atas 10 pcs. Karena pasti ada berbagai warna dan jenis jilbab kan yang disesuaikan dengan warna baju atau dengan tujuan pergi ke mana. Tapi dari semuaaaa koleksi jilbab yang ada di rak lemari kita, pasti ada beberapa jenis jilbab yang wajib ada. Nah apa saja jenis jilbab yang harus kita punya sebagai basic sebagai hijabers? Yuk cekidot.

Jilbab Segi Empat Cocok Untuk Mix and Match

Nah jenis jilbab yang satu ini pasti yakin teman-teman punya ga cuma 1 warna. Bisa banyak warna dan motif. Apalagi tren jilbab segi empat saat ini adalah bermotif atau pattern. Akan memberikan banyak alasan untuk nambah koleksi iye kaaan… jujur deh. Jilbab segi empat itu yang paling pas untuk mix and match untuk semua acara mau formal dan non formal. Jadi wajib ada.





  
Pashmina Untuk tampilan Lebih Syari

Kita kadang salah membedakan antara pashmina, kerudung panjang, dan scarf. Pashmina sendiri sebenarnya jenis jilbab yang dulunya terbuat dari tekstil yang terbuat dari wol Khasmir. Sehingga Pashmina cenderung memiliki tekstur kain lebih tebal dan motif yang khas. Namun perkembangannya, pashmina sendiri saat ini memiliki jenis kain yang beragam mulai yang tebal hingga ringan dan lentur. Motifnya pun lebih beragam, bahkan ada juga yang polos tanpa motif.

Jilbab atau Pashmina Instan Untuk yang Gak Mau Ribet

Nah jenis jibab ini kesukaan neng sih. Sederhana, gak ribet cara makainya, dan pastinya menyingkat waktu kita dalam menata riasan diri. Nah, yang instan ini ada berbagai jenis, ada pashmina instan, ada jilbab instan, ada jilbab pesta instan, dll. Cuma kadang kalau yang instan gini, ukuran lubang untuk wajahnya kadang ga pas. Bisa kebesaran atau kekecilan sehingga ga pas terpasang di wajah dan kepala kita. Jadi tinggal pintar-pintar ngepas yah

Bergo Jilbab Rumahan yang Adem untuk Sehari-hari

Salah satu jenis jilbab andalan neng kalo lagi di rumah. Praktisnya kebangetan kalo jilbab model kaya gini mah. Tinggal ambil terus masukin ke kepala dan rapihin deh. Selesai gitu doang. Sekarang ini banyak pilihan bergo yang warna, motif dan modelnya yang lebih trendi dan kekinian. Tinggal disesuakan aja ama kesukaan kita







Nah ceki ceki jenis jenis jilbab di atas udah ada belom di rak lemari kita. Kalau sudah tinggal kita pintar pintar memilih, mix and match, sesuai dengan occasion dan keserasian dengan busana yang kita gunakan. Semoga bermanfaat ya.

See you at another post.


   

Punya Panci Presto di Rumah? Ini Cara Aman Menggunakannya

Annyeong Yeorobun..

Beberapa waktu lalu neng dapat panci presto gratis kan dari Oriflame, bisnis kesayangan neng. Mama sudah punya sih panci presto di rumah tapi yang kapasitasnya besar. Nah yeng neng dapat tuh yang isinya 4 liter. Cukuplah untuk presto ayam 1 ekor ukuran besar. Waktu pertama kali dapat, neng bingung sih bakal kepake gak yah. Karena neng gak pernah masak pake panci presto. Kalau mamah sih beberapa kali masak pake panci presto, tapi hitungannya tetap jarang.


Jujur kalo neng sih takut pakainya, banyak cerita kecelakaan saat memasak menggunakan panci presto.. Karena itu setiap ada kesempatan buat masak pakai panci presto, neng cuma bagian lihat dari jauh ajah. Sebenarnya panci presto atau bahasa kerennya preassure cooker itu apa sih dan kegunaanya apa? Yuk kita bahas biar teman-teman gak ketakutan sendiri mau menggunakan panci presto.

Panci Presto atau Preassure Cooker merupakan alat memasak berupa panci yang memanfaatkan tekanan tinggi uap panas dalam proses memasak makanan. Cara memasak yang demikian disebut preassure cooking. Metode memasak ini memungkinkan makanan akan matang lebih cepat, lebih sehat, dapat melunakkan bahan makanan yang keras seperti tulang ayam, sapi, dll, serta kandungan gizi yang konon katanya lebih terjaga.

Namun, karena metode ini menggunakan tekanan tinggi uap air, banyak orang yang khawatir saat menggunakan panci presto. Tetapi sebenarnya jika kita memahami bagaimana cara kerja penggunaan panci presto, kekhawatiran atau ketakutan ini dapat diminimalisir.  


 
Jadi gengs seperti yang neng jelasin di atas, panci presto tuh memanfaatkan tekanan tinggi dari uap air. Gimana bisa gitu? Si panci tuh tertutup rapat sehingga uap air terkumpul di dalam. Nah suhu dalam panci itu semakin lama semakin tinggi karena uap panas tidak bocor keluar. Inilah yang membuat makanan menjadi lebih cepat matang. Ada 2 jenis panci presto yang ada di pasaran yaitu model jiggle top dan model katup pegas. Model jiggle top regulator tekanan ada di pipa ventilasi yang terletak di tutup panci. Sementara model katup pegas panci sistem tertutup dengan katup pegas. Meskipun terkesan berbeda secara tampilan namun prinsipnya sama memiliki fungsi untuk menahan uap panas tetap ada di dalam panci.

Apa saja yang harus disiapkan ketika kita mau menggunakan panci presto untuk memasak? Neng coba rangkum beberapa poin di bawah ini yah gengs.

Cek Panci Presto Sebelum Digunakan
Teman-teman harus memastikan panci presto yang akan digunakan dalam keadaan layak. Tidak ada penyok, jangan ada kerak atau kotoran di tutupnya sehingga akan menghalangi kerapatan tutupnya, periksa juga gasketnya jangan sampai ada yang retak. Jika menggunakan model jiggle top pastikan ventilasinya terbuka dan bersih. Sementara jika menggunakan model katup pegas pastikan gerakan katup dapat bergerak bebas.

Isi Maksimal 2/3 Kapasitas Panci
Masing-masing merk panci presto memiliki takaran minimum penggunaan air masing-masing. Silahkan baca manual booknya. Tetapi biasanya untuk model jiggle top minimal penggunaan air 1 gelas air sementara katup pegas minimal 1/2 gelas air. Jumlah air tersebut biasanya untuk memasak sekitar 20 menit. Tapi lagi-lagi ini bergantung bahan makanannya dan merk panci prestonya. Dan yang paling penting adalah jangan terlalu penuh yah gengs mengisi bahan baku masakannya ke dalam panci. Maksimal 2/3 kapasitas panci. Sisakan ruang untuk uap yang nantinya terkumpul di dalam. Namun jika teman-teman memasak masakan yang kandungan air lebih banyak misal opor, kaldu, dll maksimal isi 1/2 dari kapasitas panci.

Perhatikan Waktu Memasak
Ini hal penting selanjutnya. Perhatikan waktu memasak yah. Tiap bahan akan membutuhkan durasi masak berbeda-beda. Di buku panduan pasti ada grafik waktu memasak yang disarankan. Indikatornya adalah suara suling nyaring yang dihasilkan oleh tekanan uap. Ini menandakan tekanan uap di dalam panci sudah tinggi. Kalau bahan makanan yang teman-teman masak membutuhkan waktu lebih lama saat suara nyaring dari panci sudah muncul jangan langsung dimatikan, tapi kecilkan api di kompornya terlebih dahulu. Sampai sesuai waktu memasaknya selesai.

Jangan Membuka Panci Sebelum Semua Uap Air Keluar 
Saat sudah matang. Jangan langasung membuka tutup panci karena pada saat itu tekanan udara masih sangat tinggi. Matikan saja api kompornya tunggu sampai semua uap air keluar. Mungkin sekitar 15-20 menit. Jangan sekali kali memaksa membuka tutup panci saat tekanan uap masih tinggi di dalam panci. Karena itulah sumber banyaknya kecelakaan di dapur. Jadi jangan terburu buru saat membuka tutup pancinya.

Nah setelah membaca beberapa tips di atas semoga teman-teman tidak lagi ragu memasak menggunakan panci presto yah. Yuuuk siapkan menu istimewa untuk keluarga dengan menggunakan panci presto.

See you at next blog post yah.   




Annyeong haseyo Yoerobuun…

Neng tuh paling bete kalo udah urusan ama bau mulut. Bukannya apa-apa, yang punya bau mulut kita yang keganggu orang lain. Kepercayaan diri jadi ngedrop kalo mulut sudah bau tuh. Bau mulut ini memang jamak terjadi karena adanya masalah kesehatan di gigi dan mulut. Yang paling sering terjadi karena gigi berlubang atau masalah di gusi.

Ssst… tahu gak sih kalau bau mulut itu juga bisa muncul jika teman-teman menderita beberapa penyakit. Sinusitis, GERD, diabetes, gangguan fungsi hati, infeksi saluran pernapasan dan xerostomia adalah sedikit penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut yang susah dihilangkan. Nah, kalau pengen tahu penyebab bau mulut kita apa baiknya teman-teman konsultasi ke dokter. Iya kalo penyebabnya cuma masalah kesehatan gigi dan mulut saja, kalo karena sakit yang lain jadi kita bisa mengantisipasi penyakitnya.

Nah, apapun penyebabnya bau mulut itu pasti ganggu kan yah. Sekarang gimana menghilangkan bau mulut secara alami? Sebelum kita bahas bahan bahan alami yang bisa mengurangi bau mulut, kita bahas dulu yuk apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Kita coba bisa lakukan hal-hal sederhana saja seperti :

- Cek kesehatan gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali
- Sikat gigi dua kali sehari secara tertatur dan ganti sikat gigi dua bulan sekali
- Bersihkan lidah bisa dengan sikat atau sendok
- Minum air putih yang cukup dan jangan lupa minum segelas air setelah bangun tidur
- Kurangi atau batasi konsumsi kopi dan alkohol serta stop merokok

Kalau sudah coba lakukan hal hal di atas, tapi masih belum hilang juga bau mulutnya. Saatnya kita mencoba menggunakan bahan bahan alami di sekitar kita. Apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk mengurangi bau mulut? Yuk cekidot…

Trio Kulit Jeruk, perasan jeruk lemon, dan peterseli adalah tiga bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengurangi bau mulut. Bagaimana cara buat ramuannya? Gampang. Cuci jeruk yang belum dikupas dan parut kulitnya. Kalau gak mau ribet, kita bisa menggunakan jenis jeruk yang sama untuk diambil airnya dan kulitnya. Kemudian peterseli dicincang halus. Campurkan semuanya. Dan gunakan ramuan itu untuk berkumur.
Nanas. Nanas dipercaya dapat cepat mengurangi bau mulut dengan efektif. Nah, caranya gampang cukup dengan minum sambil kumur jus nanas setelah makan atau mengunyah irisan nanas selama beberapa menit. Jangan lupa untuk kumur setelah makan nanas atau minum jus nanas.
Teh Hijau & Daun Mint . Teh hijau sudah diteliti memiliki kemampuan untuk menghilangkan bau dan menyegarkan nafas karena memiliki sifat disinfektan. Daun mint juga memiliki manfaat yang hampir sama, dapat menyegarkan nafas. Kombinasi keduanya dapat menghilangkan bau mulut sekaligus menyegarkan nafas secara efektif. Teman-teman bisa menyeduh teh hijau ditambahkan daun mint sebelum tidur atau pagi hari. Minum secara rutin.

Selain mencoba bahan bahan di atas, jika kita sering mengalami bau mulut ada baiknya menghindari makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang putih dan bawah bombay. Makan makanan bergizi dan berimbang juga dapat mengantisipasi munculnya bau mulut.

So… masih tahan dengan bau mulut yang kita alami. Saatnya bye bye sekarang juga.

See you at next blog spot.  





Hai hai hai Annyeong Haseyo Yoerobun….

Siapa yang pengen punya Hollywood Smile seperti artis artis yang sedang kekinian itu. Senyum lebar dengan gigi yang putih dan sehat. Neng sih pengen, cuma kalau sekarang mau treatment veneer gigi beuh puluhan juta kan yah. Gimana kalau kita coba memutihkan giginya secara alami saja? Setujuuuu… hehheeh

Nah, neng kumpulin ada 5 bahan bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat gigi lebih putih. Dan karena ini adalah bahan bahan alami, kita bisa melakukan treatment ini setiap hari hingga kita mendapatkan warna gigi putih yang diinginkan. Mau coba? Yuk cekidot.

1. Lemon + Baking Soda
Buah lemon telah diketahui memiliki vitamin C dan kandungan asam yang tinggi. Nah, kandungan asam inilah yang mampun mengangkat bakteri pada gigi dan mulut yang menyebabkan gigi menjadi kuning, termasuk membantu melepaskan plak plak pada gigi. Selain itu, kadar PH yang seimbang membuat Lemon juga mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Caranya cukup mudah teman-teman tinggal ambil 1 buah lemon dan peras airnya. Campurkan dengan 1 sendok teh (sdt) baking soda. Setelah rata, oleskan campuran kedua bahan ini ke gigi dengan menggunakan sikat gigi sambil gosok perlahan. Lakukan secara rutin agar hasil maksimal.

2. Siwak
Siwak ini salah satu bahan alami yang telah digunakan sejak saman dahulu. Bahkan membersihkan gigi dengan menggunakan Siwak merupakan Sunnah Rosul. Selain berfungsi untuk membersihkan gigi, siwak juga berfungsi s ebagaii pemutih alami gigi. Cara penggunaannya pun cukup mudah karena cukup dengan menggosokkan batang siwak secara merata ke gigi kita. Saking aman dan alaminya, kita bisa melakukan cara ini 2-3 kali sehari. Bahkan kalau mau, kita bisa membawanya kemana-mana, dan menggunakannya setelah selesai makan makanan atau cemilan.

3. Apel
Apel ini emang buah sejuta manfaat yah hehehe… selain buahnya yang bisa kita konsumsi rutin untuk diet karena fungsinya yang baik untuk menjaga pencernaan. Ternyata tidak hanya memiliki peranan dalam pencernaan saja, buah apel juga dapat memutihkan gigi yang kuning secara alami. Cukup gosokkan saja buah apel secara langsung pada gigi kita yang ada noda kuningnya. Lakukan setiap saat kalian inginkan asalkan rutin ya.

4. Biji Buah Pinang & Daun Sirih
Biji buah pinang dan daun sirih telah dikenal sejak zaman nenek moyang kita dahulu sebagai bahan alami yang dapay membersihkan gigi secara alami. Biji buah pinang dapat membersihkan gigi secara menyeluruh sementara daun sirih membasmi kuman yang menyebabkan kerusakan gigi. Selain itu kedua bahan alami ini bisa juga memutihkan gigi secara alami. Biji buah pinang dapat diaplikasikan sendiri-sendiri atau bersamaan. Biji buah pinang bisa dihaluskan terlebih dahulu kemudian letakkan di atas daun sirih yang telah dicuci bersih. Keduanya bisa digosokkan ke gigi secara rata. Atau bisa juga seperti cara mbah mbah jaman dulu, dikunyah dan diratakan ke semua bagian gigi secara menyeluruh. Untuk daun sirih, bisa juga dengan cara direbus dengan air. Kemudian airnya bisa digunakan untuk berkumur sebagai cairan antiseptik dan membersihkan mulut serta gigi.  

5. Daun Salam
Nah ibu ibu yang hobi masak pasti udah tahu dan sering pake daun salam untuk menambahkan rasa pada masakannya. Ternyata gengs, selain untuk menambah cita rasa alami, daun salam juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya hampir sama dengan daun sirih, cukup rebus daun salam dengan air secukupnya. Dan gunakan untuk berkumur. Jika dilakukan secara rutin, gigi akan berangsur putih secara alami.

Yuk mari dicoba gengs. Kalo giginya udah putih share di komen yah fotonya.

Yuk Dadaah bhubay….




Usir Cantik Jerawat dengan Aloe Gel Buatan Sendiri

Annyeong haseyo Yoerobuun…

Ketemu lagi ama neng yah, xixixi jangan bosan eeimm… Kali ini neng mau menyapa kalian wahai pembaca setia neng yang memiliki dendam kesumat ama jerawat. Ada? Ada gak yang punya musuh bebuyutan yang namanya jerawat? Cuung ah… Udah coba berbagai cara tapi tuh jerawat bandel banget dah gak ilang ilang dari wajah kita. Jadi ga bisa punya wajah semulus pipi Raisa.

Nah neng akan beberin nih salah satu cara alami untuk mengusir cantik jerawat dari wajah kita. Bahan yang yang kita gunakan adalah ALOE VERA, alias daun lidah buaya. Tahu kan? Tahu lah kan lagi ngehits tuh produk aloe vera ituh. Sebelum kita bahas tentang cara menghilangkan jerawat dengan aloe vera. Yuk ah kita kepoin tentang aloe vera dulu yah.

Aloe Vera atau lidah buaya mengandung 98.5% air dengan susunan senyawa vitamin, mineral, enzim dll yang kompleks. Lengkapnya di bawah ini yah gengs

Kaya Vitamin
Bagian gel aloe vera mengandung vitamin B, asam folat, B12, C, dan E. Yang istimewa umumnya vitamin B12 hanya ada di bahan makanan hewani saja. Tapi vitamin B12 yang cukup tinggi juga terkandung di aloe vera.  

Kandungan Mineral Lengkap
Aloe vera memiliki mineral yang cukup lengkap, mulai dari kalsium, kromium, sodium, selenium, magnesium, potasium, mangan, dan zinc. Namun memang kandungan mineralnya tidak banyak tapi cukup untuk kebutuhan mineral tubuh jika dikonsumsi.

Tinggi Antioksidan
Aloe vera mengandung antioksidan yang tinggi, hal ini didukung dengan kandungan vitamin C dan E. Tingginya kandungan antioksidan mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.

Tinggi Cairan  
Cairan yang banyak terkandung dalam aloe vera dapat digunakan sebagai masker atau minuman. Aloe vera mampu menghidrasi tubuh, kulit, dan melancarkan pencernaan.

Kandungan bahan bahan baik di aloe vera ini memiliki banyak manfaat antara lain sebagai berikut :

Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit
Mengobati luka bakar
Menyembuhkan luka
Melembabkan rambut dan kulit kepala
Mengobati sembelit
Membantu sistem pencernaan
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Antioksidan dan mengurangi peradangan
Menurunkan gula darah

Nah teruuuss… udah tahu kan yah kandungan dan manfaat aloe vera. Salah satu khasiat dari lidah buaya adalah bisa menghilangkan jerawat. Lidah buaya mengandung polifenol yang berfungsi sebagai anti-bakteri. Senyawa inilah yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Terus gimana cara mengolah aloe vera agar bsa digunakan untuk treatment menghilangkan jerawat? Mengubahnya dalam bentuk gel. Seperti yang sekarang lagi hits itu.

Bisa sih kita langsung beli aloe gel yang ada di pasaran. Tapi harganya mahal kan ya hehehe… kita bisa kok bikin aloe gel sendiri. Bahan dan alatnya juga sederhana. Apa saja?


Membuat Sendiri Aloe Gel di Rumah
Yang pasti bahan utamanya adalah ALOE VERA atau LIDAH BUAYA. Potong 1 atau 2 batang daun lidah buaya. Potong dengan pisau di bagian pangkalnya. Pilih yang bagian terluar karena bagian itulah yang umurnya lebih tua dan lebih lembut daging gelnya. Tidak perlu mengambil terlalu banyak karena tidak tahan lama yah kalo kita bikin sendiri. Buat seperlunya ajah.

Setelah dipotong, jangan langsung dikupas kulitnya yah gengs. Diamkan dulu potongan lidah buaya itu sekitar 10 menit. Fungsinya apa? Agar getahnya keluar. Getah ini harus dibersihkan dari lidah buaya agar tidak gatal atau iritasi. Setelah 10 menit, kupas kulit daun lidah buaya. Kupas bersih satu sisi terlebih dahulu. Biarkan gel lidah buaya masih menempel di sisi kulit daun satunya.

Kalau sudah, ambil sendok dan kerok daging gel lidah buaya. Kerokan daging gel bisa diletakkan di mangkok bersih. Lakukan sampe daging gel lidah buaya bersih di sisi kulit daunnya. Setelah selesai mengerok 2 batang daun lidah buaya. Ambil garpu dan kocok gel yang ada di mangkok. Kocok sampai lembut dan merata. Di tahap ini jika teman-teman mau menambahkan vitamin C dalam bentuk bubuk atau cair silahkan. Kalau neng cukup gini aja. Kalau sudah benar benar lembut dan berbentuk gel, siapkan toples bersih untuk menyimpan aloe gel kita. Simpan aloe gel di lemari es setelah menggunakannya agar berasa dingin dan segar.

Usir Jerawat dengan ALOE GEL
Nah kalau mau mengusir aloe gel bisa dilakukan dengan cara mengoleskan pada wajah. Setelah rata dioleskan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat hingga semua gel terangkat dan wajah bersih. Lakukan secara rutin dan jerawat pun akan perlahan hilang serta kulit menjadi sehat.

Cobain yuk gengs…

See you at the next blog post yesss… bhubay…


   













Cara Jitu Hilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Annyeong haseyo Yoerobuun
Di antara pembaca kesayangan blog neng ini ada yang punya masalah ama ketombe ga? Yang udah gedeknya ampun ampunan karena ada ketombe yang merusak penampilan rambut cantik kamu. Terus cara teman-teman untuk menghilangkannya gimana? Apa sudah coba berbagai jenis shampo dan perawatan?

Hahahah pertanyaan neng banyak yah? Iyaa karena ini masalah sejuta umat kayanya. Nah teman-teman sudah coba cara alami ga? Neng mau sharing satu cara alami untuk menghilangkan ketombe. Udah siap? Hehehe…

Tahu jeruk nipis kan gengs? Tahu gak kalau jeruk nipis itu punya sejuta manfaat. Dan salah satunya adalah membasmi ketombe. Memangnya apa saja sih yang terkandung di jeruk nipis sampe punya segitu banyak manfaat?

Jeruk nipis diketahui banyak orang karena kaya mengandung vitamin C. Yup bener banget, Jeruk nipis memang memiliki lebih banyak kandungan vitamin C di dalamnya. Namun, sesungguhnya tidak hanya vitamin C saja. Melainkan banyak kandungan lain seperti, vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, lemak, serat, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Serta terkandung asam sitrat yang memunculkan rasa asam pada jeruk nipis.

Nah, sebagai kandungan terkaya dalam jeruk nipis. Vitamin C memang memegang peranan penting. Salah satu fungsi Vitamin C pada jeruk nipis adalah kemampuannya untuk menstimulasi pertumbuhan akar rambut. Dampaknya dalam fungsi ini adalah kita dapat memperoleh rambut yang lebih tebal dan mengatasi kebotakan. Selain itu, jika digunakan dengan teratur jeruk nipis juga dapat menghilangkan ketombe.

Bagaimana cara pengaplikasiannya? Yuk simak di bawah ini :
1. Peras buah jeruk nipis secukupnya
2. Tambahkan air pada perasan jeruk nipis. Campurkan secara rata
3. Oleskan pada rambut, terutama pada kulit kepala. Sambil pijat pijat perlahan.
4. Biarkan baluran jeruk nipis di rambut meresap sejenak pada kulit kepala hingga ke akar rambut. Kurang lebih 10-15 menit
5. Bilas dengan air hingga bersih

Lakukan secara rutin 3 hari sekali ya gengs. Dan pastikan juga kita rutin mencuci rambut yah, jangan sampai kotor terlalu lama. Dicoba yuk gengs. Komen yah hasilnya di kolom komentar.

See you at the next blog post gengs. bhubay




Annyeong Yoerobuun…

Gengs sudah tahu kan kalo foundation itu punya peranan penting untuk membuat hasil riasan di wajah kita nampak sempurna? Nah kita suka bingung kan ya harus pilih foundation yang seperti apa sih yang cocok dengan kulit wajah kita. Apa merk ini cocok? Apa warna foudation ini tepat? Takutnya udah keluar uang sekian rupiah eh foundationnya setelah digunakan tidak sesuai. Entah itu tidak sesuai dengan tone warna kulit kita ataupun finishingnya yang tidak sesuai.

Stop galau sayang. Di post blog kali ini neng akan membahas one brand foundation apa itu? Yup, kita akan bahas berbagai jenis foundation dari Wardah. Nah, Wardah ini sampai detik ini memiliki beberapa jenis foundation. Kenapa banyak? Karena Wardah menghadirkan foundation dengan beberapa jenis sesuai jenis kulit dan kebutuhan kulit wajah kita. Apa saja itu? Yuk cek di bawah ini.

Wardah Exclusive Creamy Foundation


 Varian foundation Wardah Exclusive Creamy Foundation ini memiliki tekstur creamy dan ringan sehingga sangat mudah diratakan ke seluruh area wajah. Foundation ini memiliki coverage medium hingga full. Bentuknya compact dan mudah dibawa kemana-mana. Kemasannya yang compact ini dilengkapi dengan cermin, sehingga ngebantu banget waktu kita harus menggunakan foundation ini di luar rumah.

Wardah Exclusive Creamy foundation ini mengandung Titanium Dioxide yang memiliki fungsi secara efektif wajah kita dari sinar UV. Formula foundation ini dibuat untuk tahan air yah gengs, sehingga bisa menempel di wajah cukup lama. Foundation ini cocok untuk kulit normal dan berminyak yah, jadi dapat mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah sekaligus dapat melembabkan wajah bagi jenis kulit kering.

Tersedia 5 shade warna yang bisa kita pilih, yaitu : Coffe Baige, Natural, Sandy Baige, Sheer Pink, dan Light Beige.  

Wardah Luminous Creamy Foundation
Wardah mengeluarkan seri foundation yang bisa digunakan untuk mereka yang membutuhkan foundation dengan coverage tinggi sepanjang hari. Misal untuk kebutuhan pesta, show, atau event yang mengharuskan kita menggunakan makeup bold. Tekstur dari Luminous Creamy Foundation ini  padat tapi tetap creamy.

Nah foundation ini terdiri dari dua varian, Light Feel dan Extra Cover yang diperuntukkan bagi kita yang butuh coverage lebih tinggi. Nah, masing-masing varian terdapat pilihan shade Natural White, Light Beige, dan Natural. Menggunakan Wardah Luminous Creamy Foundation ini sudah cukup untuk melakukan koreksi pada wajah untuk menutupi kerutan, bintik hitam, bekas jerawat, warna kulit tidak rata dll.

Wardah Luminous Liquid Foundation
Naah kalo kalian mau cari foundation cair, Wardah sudah menyiapkan produk yang satu ini. Wardah Luminous Liquid Foundation. Teksturnya kental seperti foundation cair dari brand lainnya. Menggunakan foundation cair ini memberikan kesan lebih alami, terus makeup juga gampang retak atau luntur. Coveragenya yang light ke medium, memang tidak terlalu tinggi tapi cukup dapat mengkoreksi kekurangan di kulit wajah kita.

Foundation ini cocok untuk kulit berminyak karena dapat mengontrol kadar minyak pada kulit wajah kita. Selain itu, finishing semi matte juga cocok bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Foundation ini memiliki empat shade warna yah. Natural White, Beige, Light Beige, dan Natural.



Wardah Exclusive Liquid Foundation
Nah ini kalo menurut neng foundation Wardah terbaik, Wardah Exclusive Liquid Foundation ini adalah dabest di antara semua foundation Wardah lainnya. Kalau kamu pengen foundation yang coveragenya tinggi tapi formulanya ringan maka produk ini yang tepat untuk kamu. Teksturnya ringan sehingga cepat sekali menyerap di kulit. Saking lembut dan ringannya kita berasa gak pakai foundation tapi pake serum gaes.

Foundation ini mengandung anti UV, pearl extract, vitamin E, dan Macademia Oil. Sehingga mampu menyerap kelebihan minyak dalam kulit wajah serta melembabkan kulit. Foundation tipe ini sangat cocok untuk wajah berkulit berminyak dan normal. Tersedia dalam lima shade warna antara lain Beige, Sheer Pink, Sandy beige, Natural, dan Coffee Beige.

Wardah Lightening BB Cream

Wardah ngasih solusi nih buat kalian yang pengen pake foundation sehari-hari sekalian untuk mencerahkan kulit wajah. Wardah Lightening BB Cream. Alas bedak ini teksturnya ringan dengan finishing matte yang lebih tahan lama. Produk ini diklaim mengandung moisturizer, UV protection, serta formula oil controlling. Jadii kalo kalian emang pengen yang simple ajah, pengen pake krim pencerah wajah plus foundation dalam satu produk yah Wardah Lightening BB Cream jawabannya.

Wardah C Defense DD Cream
Masuk di rangkaian series C Defense, Wardah juga menghadirkan DD Cream gaes. Wardah C Defense DD Cream. Teksturnya lebih padat tapi lebih lembut jika dibanding dengan BB cream. Kalau Lightening BB Cream menawarkan dapat mencerahkan kulit wajah, maka Wardah C Defense DD Cream juga sama. Malah kalau menurut neng lebih ampuhan DD cream ini. Kenapa? Karena mengandung Hi Grade Vitamin C. Tahu sendiri kan salah satu khasiat Vitamin C dapat mencerahkan warna kulit? Ceunaaah…

Selain mengandung Hi Grade Vitamin C, Wardah C Defense DD Cream juga mengandung lightening, anti oksidan, dan UV Protection SPV 30. Jadi, kalo pake foundation ini berasa pake skincare gitu deh gaes. Ada dua shade warna yah Light dan Natural. Sesuaikan dengan tone kulit wajah kalian yah gaess.

Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion 

Pengen make up yang ga ribet? Males pake bedak lagi setelah pakai foundation? Jawabannya Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion. Kalau di atas neng bilang foundation terbaik itu Wardah Exclusive Liquid Foundation, kalau yang satu ini adalah foundation tergakribet tapi juga dabest. Apaan coba wkwkwk… cuma neng jatuh cinta ama BB Cushion Wardah satu ini.

Coveragenya tinggi, praktis hasil akhirnya matte tapi ga bikin look akhir makeup kita kering gitu. Karena dalam produk ini mengandung mineral aktif sehingga kelembaban kulit kita terjaga dengan maksimal. Kandungan SPF 29PA+++ dalam cushion ini akan membuat kulit kita terlindungi dari paparan sinar UV matahari.

So gengs kalian mau pilih foundation Wardah yang mana? Kalau aku sih yah Wardah Instaperfect. Praktis banget dah pokoknya. Share yuk di kolom komentar.

See you at the next blog post. Bhubay…  


sumber gambar : herbivoracious.com

 
Annyeong Yeorobun…

Kalian pecinta Kdramaland atau Kpop pasti sudah gak asing dengan Kimchi Bokkeumbap alias nasi goreng Kimchi ala Korea kan? Ada yang belom tahu? Nah kalau belum tau berarti tepat berkunjung ke blog neng. Karena kali ini neng mau bagiin resep Nasi Goreng Kimchi. Karena ada stok Kimchi dan Shortplate Beef sisa barbequan kapan hari. Yuk mari kita eksekusi.

Teman teman bisa beli kimchinya di beberapa cafe atau resto sementara beefnya bisa didapat di grocery. Tapi kalau neng kemarin keduanya beli di Karnevor, bisa cek di IGnya (no endorse nih ya gaes hehehe). Ok kita lanjut resep yah. Neng dapat resepnya dari fimela.com nih gengs, karena males modifikasi kita langsung pakai resep ini aja yah.
· 2 cup nasi
· 1/2 cup kimchi
· 1/2 cup daging (sesuai selera)
· 2 batang daun bawang
· 1 sdm kecap manis
· 1/4 bawang bombai
· 1 butir telur
· Bawang putih (sesuai selera)
· Minyak sayur
· Minyak wijen
· Garam
· Merica

Cara Membuat:
1. Potong kimchi menjadi lebih kecil.
2. Potong dadu bawang bombai, daun bawang, dan cincang bawang putih.
3. Bumbui daging dengan kecap manis, bawang putih cincang, serta merica bubuk.
4. Tumis daging dengan minyak sayur di wajan.
5. Setelah matang, tambahkan bawang bombai dan kimchi, aduk dan masak selama 5 menit.
6. Tambahkan daun bawang, dan bawang putih cincang, lalu masak sebentar dan matikan api.
7. Masukkan nasi, lalu aduk rata.
8. Tambahkan 1-2 sdm minyak wijen, lalu nyalakan api lagi. 
9. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
10. Di wajan terpisah, masaklah telur mata sapi, atau scrambled egg, atau omelet.
11. Letakkan nasi goreng di piring, dan sajikan saat hangat bersama telur.

Dicoba yuk gengs. Rasanya unik banget, ada pedes asem dari kimchi yang khas, aroma minyak wijen, dan bumbu lain yang bikin rasa nasi goreng kimchi ini istimewa banget. Kalau misal yang ingin lebih pedas bisa tambahin cabe bubuk yah.

Selamat mencoba. Sampai bertemu di blogpost selanjutnya.