Ayo Bikin Soto Betawi ala NCC


Annyeong yorobuuun…

Gengs tahu gak kalo Soto itu sejarahnya merupakan makanan Cina yang bernama caudo. Makanan ini dibawa ke Indonesia oleh para saudagar Cina melalui migrasi besar besaran jaman dahulu. Nah makanan caudo ini dahulu populer di Semarang. Nah, karena populernya makanan ini kemudian tersebar ke seantero Indonesia. Di berbagai daerah makanan ini kemudian diadaptasi sesuai kearifan lokal di masing masing daerah tersebut. Di makassar jadi Coto, di Pekalongan jadi tauto. Selain itu, komposisi tiap daerah juga berbeda beda.

Nah kali ini, neng mau sharing resep Soto Betawi. Soto Betawi ini memiliki ciri khas loh. Karena kuahnya yang menggunakan santan atau susu. Bahkan ada resep yang menggunakan keduanya. Nah resep yang neng bagikan kali ini berasal dari Natural Cooking Club (NCC). Ada yang pernah tahu Natural Cooking Club (NCC)? Klub memasak online yang terkenal seantero jagad itu heueuheu… Salah satu club yang neng ikutin karena resep resep yang dibagikan di grup ini selalu terbukti ciamik dan paass enaknya.

Yuk disimak resepnya di bawah ini. 

Bahan:
· 250 gram sandung lamur
· 150 gram paru sapi
· 150 gram usus sapi
· 150 gram babat sapi
· 500 ml susu segar/santan
· 1500 ml air
· 3 sendok makan minyak goreng
Bumbu halus:
· 10 buah bawang merah
· 7 buah bawang putih
· 5 sendok makan minyak goreng
· 4 lembar daun salam
· 3 buah cabai merah
· 2 sendok teh jintan
· 2 batang serai, geprek
· 1 sendok teh merica bubuk
· 1 iris jahe
· 1 sendok teh cengkeh bubuk
Pelengkap:
· minyak samin (opsional)
· 2 buah tomat diiris
· 1 batang daun bawang, iris halus
· 1 batang daun seledri, iris halus
· bawang goreng
· emping goreng
· sambal cabai rawit
Cara membuat:
1. Rebus daging dan 1 sendok garam hingga empuk, angkat dagingnya, potong dadu, kemudian masukkan lagi ke dalam kuah.
2. Rebus jeroan di tempat terpisah hingga empuk, kemudian buang airnya. Potong paru, babat, dan usus, kemudian tiriskan dan sisihkan.
3. Tumis semua bumbu, kemudian masukkan ke dalam air kaldu daging. Masukkan juga jeroan yang sudah dipotong-potong. Masukkan susu/santan, kemudian didihkan.
4. Sajikan soto dalam mangkuk, beri irisan tomat, daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Hidangkan bersama emping, sambal dan acar di tempat terpisah.
5. Jika menyukai minyak samin, Anda bisa menambahkan 1 sendoik makan minyak samin ke dalam mangkuk soto ketika kuah panas mengepul. Biarkan minyak samin meleleh bersama kuahnya.

Itulah resep soto Betawi ala Natural Cooking Club. Tidak sulit dibuat, kan, Gengs?


No comments:

Post a Comment