Berusia 726 Tahun, Kota tua yang Bersolek Kekinian




Yaopo Kabare Reek…

Hehehe kali ini spesial neng menyapa dengan bahasa Surabaya gengs. Kenapa? Yup hari ini adalah hari jadi kota Surabaya ke 726 tahun. Usia yang sudah cukup tua yah untuk sebuah kota. Eits tapi jangan salah, usia boleh tua tapi wajah kota Surabaya semakin muda dan kekinian. Kota tempat kelahiran neng ini makin hari makin dipoles menjadi lebih cantik. Di bawah pimpinan bu Risma, Surabaya tidak hanya bertransformasi sebagai kota yang lebih cantik tapi juga sangat nyaman bagi warganya.







Buat neng sekarang ini Surabaya cuma punya satu kata NYAMAN. Mungkin memang tidak semetropolitan Jakarta yang ada bus transjakarta, sekarang ada MRT, atau kehidupan yang sepertinya berputar 24 jam. Tapi perlahan namun pasti, Surabaya bertransformasi menjadi kota metropolitan dengan wajah yang berbeda. Tidak sekaku Jakarta, tapi Surabaya menjadi kota yang maju secara teknologi, transportasi, perkembangan dunia propertinya, serta menjadi lebih cantik dengan sentuhan berbagai taman kota dan ruang publik. Surabaya menjadi kota metropolitan sekaligus nyaman untuk ditempati. Apa saja sih yang bikin nyaman tinggal di Surabaya?

Biaya Hidup Relatif Murah
Nah salah satu enaknya dan nyamannya tinggal di Surabaya itu adalah biaya hidup yang relatif murah untuk ukuran kota besar yah. Kalo dibandingin ama Jakarta mah jauh. Di Surabaya kita masih bisa nemuin banyak makanan yang bisa dibeli dengan harga di bawah 10 ribu. Dan itu bukan sekedar cemilan kaya gorengan. Tapi beneran makanan hehehe… Harga properti di Surabaya baik sewa maupun beli, tidak setinggi di Jakarta. Tetap ada kelas properti premium, tapi kalau budgetnya gak sebegitu besar cari kosan yang harga 350-500 rb sebulan juga masih ada.

Kuliner Enak
Surabaya itu surga kuliner enak. Mulai dari streetfood, makanan khas, sampai makanan internasional ada di sini. Dari yang halal atau non halalpun ada. Mulai dari warung kaki lima sampai resto bintang lima ada. Tinggal siapin aja duit dan perut kosong kalo mau wisata kuliner di Surabaya. Tempat-tempat kuliner mana aja yang legendaris dan kekinian di Surabaya nanti neng bahas di next blog yah.

Ruang Publik
Salah satu yang bikin Surabaya jadi tempat yang nyaman banget buat ditinggali yaitu banyaknya ruang publik yang sengaja diciptakan oleh pemerintah Kota Surabaya untuk tempat berinteraksi warganya. Ada banyak taman yang memiliki tema berbeda beda bertebaran di Surabaya, ada juga air mancur yang menghiasi, tempat untuk skate board, panjat dinding, dll. Selain itu banyak ruang publik yang sudah dilengkapi dengan wifi hotspot.

One Stop Living Area
Di Surabaya juga mulai banyak ditemukan one stop living area. Area terintegrasi antara hunian, mall, tempat hiburan, dan sekaligus perkantoran. Jadi bagi mereka yang mampu dan mendambakan kehidupan yang lebih nyaman dan serba mudah aksesnya akan lebih memilih tinggal di daerah seperti ini. Di Surabaya Barat ada Supermall, di tengah ada kawasan Tunjungan, di timur ada Pakuwon, dan masih banyak titik lainnya.  

Kemudahan Birokrasi
Daaan… yang paling bikin nyaman tinggal di Surabaya adalah kemudahan birokrasinya. Adanya Mall Pelayanan Publik di Surabaya sangaat membantu warganya untuk mengurus segala hal tentang surat menyurat legalitas. Tidak perlu keliling ke mana-mana, cukup di satu tempat. Selain itu juga adanya command centre 112 juga sangat membantu warga jika untuk melaporkan segala hal terkait keluhan warga.

Nah gimana setelah ada penjelasan di atas pengen gak tinggal di Surabaya. Konon kemarin nama kota Surabaya sempat diusulkan sebagai calon ibukota baru bagi negara Indonesia loh. Tapi neng ga ngikutin lagi sih selanjutnya.

Hepi besdey kota kesayangan neng. Mmmuaacchhh.

See you at the next blog post. Bhubaayy…   
   

3 comments:

  1. Katanya ada yang bilang ibukotanya mau pindah ke Kalimantan Mbak

    ReplyDelete
  2. Wah ada yang lagi ulang tahun nih hihi. Selamat ulang tahun nih ya Kota Surabaya

    ReplyDelete
  3. Wah sudah tua nih ya Mbak usia Kota Surabaya ini. Semoga semakin maju deh hehe

    ReplyDelete