Bikin Nastar Gulung yang Lumer untuk Lebaran yuk




Annyeong Yorobuuunn

Lebaran akan selalu identik dengan kue kering kan? Bener apa bener banget? Hehehe terutama kue nastar yah. Siapa sih di sini yang ga jatuh cinta ama kue nastar. Neng mah kalo diminta abisin satu toples pasti ga nolak hehehe. Kalau kita berkunjung ke rumah rumah kerabat saat silahturahmi sering kita temui kue yang satu ini. Sepertinya memang kue kering wajib bagi sejuta umat yekaaan…

Nah pernah bosan ga kalo kue kering nastarnya itu itu mulu? Ini nih ada satu bentukan kue nastar yang sedang hits beberapa waktu terakhir. Yup, nastar gulung gaes. Kalau biasanya kue nastar bentuknya bulat atau bulat pipih dengan isian selai nanas di dalamnya. Kalau nastar gulung itu, isian selai nanasnya hanya seperti digulung dengan adonan kuenya.

Nah kali ini neng mau bagiin nih resep kue nastar gulung yang lumer banget. Bisa dicoba buat untuk Lebaran nanti. Resepnya neng ambil dari resep Yunda Yun yang enak dan bisa banget dicoba.

Bahan-bahan :
  •  300 gram terigu protein sedang
  • 4 sdm maizena
  • 3 sdm gula tepung / halus
  • 2 kuning telur
  • 1 kuning telur untuk olesan tambahkan setetes pewarna makanan warna kuning
  • Selai nanas secukupnya

sumber : modern.id

Cara membuat :
1. Siapkan wadah. Ayak tepung terigu, tepung maizena dan gula halus. Kemudian masukan margarin dan aduk-aduk menggunakan jari sampai berderai.
2. Tambahkan kuning telur, lalu aduk lagi sampai rata dan berbentuk adonan. Tutup adonan dengan plastik dan masukkan ke dalam kulkas selama 20 menit.
3. Giling tipis adonan, kemudian giling lagi menggunakan rolling pin khusus untuk nastar untuk memberi tekstur beralur seperti pada gambar di atas.
4. Beri sedikit selai nanas dan gulung. Pastikan bagian yang beralur ada di sisi luar.
5. Olesi bagian atas nastar dengan kuning telur yang sudah diberi tambahan pewarna.
6. Panggang di dalam oven dengan suhu sekitar 180 derajat celcius selama 35 menit, atau sampai matang tergantung oven masing-masing.

Nastar yang sudah hilang uap panasnya bisa disusun dan disimpan dalam toples. Selamat mencoba.

Catatan penting:
1. Gunakan tepung protein sedang untuk hasil terbaik.
2. Gunakan gula halus dan ayak sebelum dicampur untuk hasil kue yang lembut.
3. Pengadukan adonan sebaiknya tidak terlalu lama upaya kue kering tidak ambles.
Margarin bisa diganti dengan butter untuk hasil yang lebih enak. Atau menggunakan merk margarin/butter 

sumber resep : modern.id



No comments:

Post a Comment