Cara Alami Hilangkan Bau Mulut Sebelum Terlambat




Annyeong haseyo Yoerobuun…

Neng tuh paling bete kalo udah urusan ama bau mulut. Bukannya apa-apa, yang punya bau mulut kita yang keganggu orang lain. Kepercayaan diri jadi ngedrop kalo mulut sudah bau tuh. Bau mulut ini memang jamak terjadi karena adanya masalah kesehatan di gigi dan mulut. Yang paling sering terjadi karena gigi berlubang atau masalah di gusi.

Ssst… tahu gak sih kalau bau mulut itu juga bisa muncul jika teman-teman menderita beberapa penyakit. Sinusitis, GERD, diabetes, gangguan fungsi hati, infeksi saluran pernapasan dan xerostomia adalah sedikit penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut yang susah dihilangkan. Nah, kalau pengen tahu penyebab bau mulut kita apa baiknya teman-teman konsultasi ke dokter. Iya kalo penyebabnya cuma masalah kesehatan gigi dan mulut saja, kalo karena sakit yang lain jadi kita bisa mengantisipasi penyakitnya.

Nah, apapun penyebabnya bau mulut itu pasti ganggu kan yah. Sekarang gimana menghilangkan bau mulut secara alami? Sebelum kita bahas bahan bahan alami yang bisa mengurangi bau mulut, kita bahas dulu yuk apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Kita coba bisa lakukan hal-hal sederhana saja seperti :

- Cek kesehatan gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali
- Sikat gigi dua kali sehari secara tertatur dan ganti sikat gigi dua bulan sekali
- Bersihkan lidah bisa dengan sikat atau sendok
- Minum air putih yang cukup dan jangan lupa minum segelas air setelah bangun tidur
- Kurangi atau batasi konsumsi kopi dan alkohol serta stop merokok

Kalau sudah coba lakukan hal hal di atas, tapi masih belum hilang juga bau mulutnya. Saatnya kita mencoba menggunakan bahan bahan alami di sekitar kita. Apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk mengurangi bau mulut? Yuk cekidot…

Trio Kulit Jeruk, perasan jeruk lemon, dan peterseli adalah tiga bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengurangi bau mulut. Bagaimana cara buat ramuannya? Gampang. Cuci jeruk yang belum dikupas dan parut kulitnya. Kalau gak mau ribet, kita bisa menggunakan jenis jeruk yang sama untuk diambil airnya dan kulitnya. Kemudian peterseli dicincang halus. Campurkan semuanya. Dan gunakan ramuan itu untuk berkumur.
Nanas. Nanas dipercaya dapat cepat mengurangi bau mulut dengan efektif. Nah, caranya gampang cukup dengan minum sambil kumur jus nanas setelah makan atau mengunyah irisan nanas selama beberapa menit. Jangan lupa untuk kumur setelah makan nanas atau minum jus nanas.
Teh Hijau & Daun Mint . Teh hijau sudah diteliti memiliki kemampuan untuk menghilangkan bau dan menyegarkan nafas karena memiliki sifat disinfektan. Daun mint juga memiliki manfaat yang hampir sama, dapat menyegarkan nafas. Kombinasi keduanya dapat menghilangkan bau mulut sekaligus menyegarkan nafas secara efektif. Teman-teman bisa menyeduh teh hijau ditambahkan daun mint sebelum tidur atau pagi hari. Minum secara rutin.

Selain mencoba bahan bahan di atas, jika kita sering mengalami bau mulut ada baiknya menghindari makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang putih dan bawah bombay. Makan makanan bergizi dan berimbang juga dapat mengantisipasi munculnya bau mulut.

So… masih tahan dengan bau mulut yang kita alami. Saatnya bye bye sekarang juga.

See you at next blog spot.  


5 comments:

  1. Wah ternyata dengan buah nanas juga bisa ya untuk mennghilangkan bau mulut

    ReplyDelete
  2. Kalau dengan daun mint saya tahu kak, tapi kalau dengan nanas saya kok baru tahu ya hehe

    ReplyDelete
  3. Memang kalau ada masalah dengan bau mulut itu, nggak banget ya Mbak

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata ada banyak cara ya untuk mengatasi bau mulut

    ReplyDelete
  5. Dengan buah nanas juga bisa ya Mbak ternyata untuk menghilangkan bau mulut

    ReplyDelete