Ngabuburit, Itu Artinya Apa Sih?



Assalamuallaikuuumm wr wb
Annyeong Yorobuuunn….

Alhamdulillah kita ketemu lagi dengan bulan Ramadhan yah tahun ini. Neng tuh seneng banget bisa ketemu lagi ama bulan Ramadhan, tapi sekaligus sedih. Yah… Ramadhan tahun lalu neng harus kehilangan orang tersayang neng. Tahun ini akan lebih sering menjalankan ibadah puasa, buka, dan sahur berdua aja sama mamah. Ngabuburit juga bakal seringnya ama mamah, mungkin nanti sesekali bakal ngabuburit ama adek dan suaminya sih…

Biasanya kalo ngabuburit seringnya kan pasti nyiapin makanan untuk buka puasa kan. Nah bulan puasa kali ini, mama juga ngirimin adek makanan. Jadi kami masaknya dobel. Kalau masak kelar, palingan neng mulai cek media sosial, balesin chat, cek dagangan, gitu lah. Nguprek hape pokoknya. Setelah itu baru mandi dan siapin lain lain. Itu kalo lagi di rumah yah. Kalo pas di luar rumah bakal beda lagi ceritanya. Bisa banyak lagi hal seru yang dilakukan kalo ngabuburit asik di luar.    

Eh tapi dari tadi neng ngomong soal ngabuburit kan. Kalian semua udah familiar atau belum nih ama istilah ngabuburit? Neng sendiri baru kenal istilah ini beberapa tahun terakhir. Cuma tahunya sih ngabuburit itu waktu menunggu buka puasa. Benar gak sih memang itu arti ngabuburit.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ngabuburit sebenarnya tidak ditemukan. Yang ada hanyalah kata “burit” yang artinya sore. Namun, bagi masyarakat Jawa Barat, istilah ini tentu sudah sangat familiar. Karena dalam bahasa Sunda terdapat istilah “burit”. Burit merupakan istilah untuk penanda waktu. Ada isuk isuk yang berarti pagi-pagi, beurang yang berarti siang, burit yang berarti sore, dan peuting yang berarti malam.  

Nah di berbagai literatur, banyak penjelasan historis yang menjelaskan arti ngabuburit. Namun, neng sih mau bahas definisi kekiniannya ajah yah. Ngabuburit jika dilihat dari morfologi bahasanya bisa diartikan kebiasaan atau kegiatan menunggu waktu sore hari. Sesungguhnya tidak terikat pada waktu berbuka puasa saja. Nah, di Jawa Barat istilah ngabuburit tidak muncul sendiri. Ada juga istilah lainnya yang bermorfologi sama.

Namun, dalam perkembangannya istilah ngabuburit bergeser sehingga hanya digunakan pada saat bulan Ramadhan saja. Yang kemudian diartikan sebagai kegiatan menjelang berbuka puasa. Istilah ini kemudian tidak hanya digunakan di Jawa Barat tapi populer seantero Indonesia. Serta jamak digunakan juga oleh masyarakat di luar Jawa Barat. Meskipun tentunya di masing-masing daerah memiliki istilah dan kebiasaan tersendiri.

Nah, ngabuburit favorit kamu ngapain ajah gengs? Share yuk di komen.

See you at another blog post yah.      


No comments:

Post a Comment