Punya Panci Presto di Rumah? Ini Cara Aman Menggunakannya


Punya Panci Presto di Rumah? Ini Cara Aman Menggunakannya

Annyeong Yeorobun..

Beberapa waktu lalu neng dapat panci presto gratis kan dari Oriflame, bisnis kesayangan neng. Mama sudah punya sih panci presto di rumah tapi yang kapasitasnya besar. Nah yeng neng dapat tuh yang isinya 4 liter. Cukuplah untuk presto ayam 1 ekor ukuran besar. Waktu pertama kali dapat, neng bingung sih bakal kepake gak yah. Karena neng gak pernah masak pake panci presto. Kalau mamah sih beberapa kali masak pake panci presto, tapi hitungannya tetap jarang.


Jujur kalo neng sih takut pakainya, banyak cerita kecelakaan saat memasak menggunakan panci presto.. Karena itu setiap ada kesempatan buat masak pakai panci presto, neng cuma bagian lihat dari jauh ajah. Sebenarnya panci presto atau bahasa kerennya preassure cooker itu apa sih dan kegunaanya apa? Yuk kita bahas biar teman-teman gak ketakutan sendiri mau menggunakan panci presto.

Panci Presto atau Preassure Cooker merupakan alat memasak berupa panci yang memanfaatkan tekanan tinggi uap panas dalam proses memasak makanan. Cara memasak yang demikian disebut preassure cooking. Metode memasak ini memungkinkan makanan akan matang lebih cepat, lebih sehat, dapat melunakkan bahan makanan yang keras seperti tulang ayam, sapi, dll, serta kandungan gizi yang konon katanya lebih terjaga.

Namun, karena metode ini menggunakan tekanan tinggi uap air, banyak orang yang khawatir saat menggunakan panci presto. Tetapi sebenarnya jika kita memahami bagaimana cara kerja penggunaan panci presto, kekhawatiran atau ketakutan ini dapat diminimalisir.  


 
Jadi gengs seperti yang neng jelasin di atas, panci presto tuh memanfaatkan tekanan tinggi dari uap air. Gimana bisa gitu? Si panci tuh tertutup rapat sehingga uap air terkumpul di dalam. Nah suhu dalam panci itu semakin lama semakin tinggi karena uap panas tidak bocor keluar. Inilah yang membuat makanan menjadi lebih cepat matang. Ada 2 jenis panci presto yang ada di pasaran yaitu model jiggle top dan model katup pegas. Model jiggle top regulator tekanan ada di pipa ventilasi yang terletak di tutup panci. Sementara model katup pegas panci sistem tertutup dengan katup pegas. Meskipun terkesan berbeda secara tampilan namun prinsipnya sama memiliki fungsi untuk menahan uap panas tetap ada di dalam panci.

Apa saja yang harus disiapkan ketika kita mau menggunakan panci presto untuk memasak? Neng coba rangkum beberapa poin di bawah ini yah gengs.

Cek Panci Presto Sebelum Digunakan
Teman-teman harus memastikan panci presto yang akan digunakan dalam keadaan layak. Tidak ada penyok, jangan ada kerak atau kotoran di tutupnya sehingga akan menghalangi kerapatan tutupnya, periksa juga gasketnya jangan sampai ada yang retak. Jika menggunakan model jiggle top pastikan ventilasinya terbuka dan bersih. Sementara jika menggunakan model katup pegas pastikan gerakan katup dapat bergerak bebas.

Isi Maksimal 2/3 Kapasitas Panci
Masing-masing merk panci presto memiliki takaran minimum penggunaan air masing-masing. Silahkan baca manual booknya. Tetapi biasanya untuk model jiggle top minimal penggunaan air 1 gelas air sementara katup pegas minimal 1/2 gelas air. Jumlah air tersebut biasanya untuk memasak sekitar 20 menit. Tapi lagi-lagi ini bergantung bahan makanannya dan merk panci prestonya. Dan yang paling penting adalah jangan terlalu penuh yah gengs mengisi bahan baku masakannya ke dalam panci. Maksimal 2/3 kapasitas panci. Sisakan ruang untuk uap yang nantinya terkumpul di dalam. Namun jika teman-teman memasak masakan yang kandungan air lebih banyak misal opor, kaldu, dll maksimal isi 1/2 dari kapasitas panci.

Perhatikan Waktu Memasak
Ini hal penting selanjutnya. Perhatikan waktu memasak yah. Tiap bahan akan membutuhkan durasi masak berbeda-beda. Di buku panduan pasti ada grafik waktu memasak yang disarankan. Indikatornya adalah suara suling nyaring yang dihasilkan oleh tekanan uap. Ini menandakan tekanan uap di dalam panci sudah tinggi. Kalau bahan makanan yang teman-teman masak membutuhkan waktu lebih lama saat suara nyaring dari panci sudah muncul jangan langsung dimatikan, tapi kecilkan api di kompornya terlebih dahulu. Sampai sesuai waktu memasaknya selesai.

Jangan Membuka Panci Sebelum Semua Uap Air Keluar 
Saat sudah matang. Jangan langasung membuka tutup panci karena pada saat itu tekanan udara masih sangat tinggi. Matikan saja api kompornya tunggu sampai semua uap air keluar. Mungkin sekitar 15-20 menit. Jangan sekali kali memaksa membuka tutup panci saat tekanan uap masih tinggi di dalam panci. Karena itulah sumber banyaknya kecelakaan di dapur. Jadi jangan terburu buru saat membuka tutup pancinya.

Nah setelah membaca beberapa tips di atas semoga teman-teman tidak lagi ragu memasak menggunakan panci presto yah. Yuuuk siapkan menu istimewa untuk keluarga dengan menggunakan panci presto.

See you at next blog post yah.   

No comments:

Post a Comment