Sunday, December 22, 2019

,

Ini Nih Resep untuk Moms Anti Baper



Annyeonghaseyo yorobuun

Hai hai hai… Selamat Hari Ibu yah untuk semua Moms yang ada di dunia dan membaca blog ini. Menjadi Moms bukan hanya seseorang yang melahirkan seorang anak. Tapi juga bagi mereka para perempuan yang mencurahkan perhatian, kasih sayang, ilmu atau segala yang dia miliki untuk orang lain. Mereka juga layak disebut Moms dan mendapatkan penghargaan malam ini.

Neng tuh sadaaar banget tugas sebagai Moms itu mahaaaa dahsyat dan melelahkan. Baik itu Moms bekerja atau Moms rumah tangga, keduanya memiliki tantangan dan tanggung jawab masing-masing. Di tengah perjuangan setiap hari yang terkesan tanpa henti itu, kadang seorang Moms dituntut untuk selalu siap dan siaga untuk segala hal. Entah itu pekerjaan rutin Moms rumah tangga seperti memasak, membersihkan rumah, mengurus anak-anak, mengatur keuangan rumah tangga, mengurus kebutuhan suami, dan banyak lagi. Atau bagi Moms bekerja harus profesional menyelesaikan tanggung jawab kerja di kantor, tapi masih kepikiran apa yang terjadi di rumah, lelah pulang kerja masih harus menyiapkan energi ekstra dan full untuk mengurus rumah, bertemu anak-anak, mengurus suami, dan lain lain.

Melelahkan ya moms? Moms semuanya luar biasa loh, neng saluuut banget…

Menghadapi tantangan dan tanggung jawab yang besar setiap harinya pasti sangat melelahkan, menguras energi, tenaga, pikiran, dan emosi. Pernah gak sih saking capeknya karena rutinitas setiap harinya, Moms merasa bapeeerr banget. Kalo pernah, jangan berkepanjangan moms… Karena Moms yang bahagia itu sumber kebahagiaan keluarga dan rumah. Bagaimana tuh ceritanya kalo Ibunya baper mulu, moody, anak anak pasti juga ikutan suntuk kan di rumah.

Neng ada beberapa resep jitu untuk membuat baper Moms pergi wush wush wusshh jauuh bangeet. Mau tahu? Yuk simak di bawah ini.

Bikin To Do List Harian
Membuat to do list harian secara disiplin ini sangat membantu Moms untuk menjalani rutinitas harian. Moms bisa memperhitungkan berapa lama durasi tiap perkerjaan sehingga kita bisa tahu pekerjaan mana yang urgent dikerjakan lebih dulu. Selain itu dengan membuat to do list kita bisa juga mempertimbangkan waktu istirahat.
Menyelipkan waktu istirahat ini penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran Moms dari penat. Nah selain itu, fungsi to do list ini juga membantu moms lebih kreatif membuat kegiatan di rumah atau pekerjaan di rumah lebih variatif dan menyenangkan. Coba deh bikin to do list harian di malam sebelumnya untuk pekerjaan esok hari. Dan disiplin dengan timeline yang dibuat, memang kejadian sehari-hari bisa unpredictable. Tetapi setidak terduganya pekerjaan di hari itu, paling tidak kita punya pegangan to do list, mana yang bisa dikurangi, ditunda, atau digeser waktunya.
  
Libatkan Anak dan Suami untuk Menghidupkan Rumah
Kalau sudah ada to do list harian, saatnya untuk melibatkan “orang rumah” untuk menciptakan rumah lebih bahagia dan homey. Melibatkan anak dan suami untuk ikut berpartisipasi menghidupkan rumah ini penting banget untuk kesehatan mental dan batin moms heheheh… Peranan mereka bukan sekedar berbagi tugas rumah yah. Tapi lebih dari itu, membuat mereka merasa terikat dan ikut bertanggung jawab membuat rumah lebih menjadi nyaman ditinggali bersama.

Misal, mengajarkan anak sedari kecil membereskan mainannya setelah bermain, meletakkan pakaian kotor setelah dipakai di tempatnya, atau hanya sekedar belajar sikat gigi atau pup sendiri. Kalau anak belajar mandiri dari kecil, dia cenderung gak terlalu merepotkan moms. Tapi namanya anak pasti ada momen manja ya moms, thats okay. Yang penting moms mulai dini mengajarkan mereka untuk melakukan hal hal kecil yang bisa ia lakukan.

Selain itu, melibatkan anak dan suami untuk menghidupkan rumah bisa juga dengan membuat kegiatan bersama di rumah yang menyenangkan. Misal, bermain drama bersama sambil membaca buku cerita, indoor camping barengan, memasak bareng, dan masih banyak kegiatan lainny. Intinya mah gimana moms kreatif bikin anak sama suami selalu kangen ama rumah lah.

Hectic? Alihkan Fokus Sesaat 
Misal nih, dari pagi sampai siang moms hectic banget ama kerjaan di rumah. Coba deh alihkan fokus sesaat, bisa dengan cara apa saja. Salah satu yang bisa dilakukan, kalau moms seorang muslim bisa dengan sholat. Di waktu sholat ini berikan waktu lebih panjang untuk berdiam diri dan menenangkan diri. Ini buat neng ampuh melepaskan stress dan menenangkan diri saat suasana hectic.

Cara lain yang bisa moms lakukan bisa dengan menyeduh teh dan meminum teh sambil duduk. Atur nafas dengan perlahan, sesekali pejamkan mata sejenak. Tidak perlu lama cukup 5-10 menit, relaxkan pikiran dan tubuh sesaat. Kalau sudah relax, moms bisa lanjutkan pekerjaan rumah sesuai to do list yang sudah dibuat.

Selipkan Me Time, Paling Tidak Sebulan Sekali
Untuk me time ini agak tricky solution karena neng akui moms di luar sana pasti kesulitan memiliki waktu me time. Mungkin karena kesibukan atau memang anak-anak yang ga mungkin ditinggal begitu saja, entah itu dititipkan ke suami yang libur, atau orang tua, atau sekedar ART di rumah. Tapi, menyelipkan waktu me time di tengah rutinitas harian moms itu berguna banget untuk mengusir kebaperan moms loh.
Apa saja bentuk me time nya? Apa saja yang membuat moms benar-benar relax dan refresh. Bisa dengan perawatan tubuh ke salon, melakukan hobi moms, nonton film, ketemu teman-teman, belanja, atau apa saja kegiatan yang mengisi energi moms untuk penuh lagi. Gak harus dikerjakan di luar rumah, misal mau bikin kegiatan di dalam rumah yang beneran bisa me time ala moms pun bisa. Coba deh cari tahu apa saja kegiatan yang moms sukai yang kalau moms kerjain moms bisa refresh banget setelahnya. Then do it.

Di atas beberapa resep jitu ala neng yah Moms. Semoga bermanfaat. Yang patut diingat sih, kalau moms bahagia, anak anak dan suami juga pasti bahagia. Suasana rumah juga pasti lebih menyenangkan. Kalau sudah demikian, moms akan jauh lebih bahagia kan?

Jangan lupa bahagia


    


Tulisan ini diikutsertakan dalam blog challenge Indscript Writing 'Perempuan Menulis Bahagia'  

50 comments:

  1. Bener banget. Para ibu harus lebih dulu bahagia supaya anggota keluarga lain kecipratan aura bahagianya.
    Saya juga suka mengajak anak dan suami dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Khususnya pas libur
    Kalau me time saya lakukan setiap hari. Me time saya cukup main game saja di hp. Hahaha lima menit juga fresh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah bisa disempetin tiap hari yah mbak. kalo saya nonton drakor pas malem hehehe..

      Delete
  2. Iya mom, kalau kita bahagia maka menular ke seisi rumah. Kalau mom biasa me time nya apa? Saya suka baca buku yang petualangan gitu biar fresh lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton drakor sayanya atau dengerin musik sambil minum susu coklat mom

      Delete
  3. Selamat Hari Ibu sebelumnya yaaa...
    Memnadi Ibu itu sibuk, pusing, lelah tapi bikin happy.
    Malah ga kebayanag kalau ALLAH ga kasih kita kesempatan buat jadi ibu, kan?
    Sukses ya buat lombanya, semoga menang :)

    ReplyDelete
  4. wah, bener banget tips nya mbak.. jadi seorang mom jelas legkap banget kerjaannya bahkan kadang nggak ada waktu buat me time karena udah di buru kerjaan satu ke kerjaan lainnya.

    ReplyDelete
  5. Setuju, penting banget me time dan mengajak anggota keluarga untuk berpartisipasi
    Karena urusan rumah tangga tuh aduh ngga ada akhirnya, muter terus :D

    ReplyDelete
  6. Betul mom, tipsnya. Me time saya adalah pijat refleksi, nyalon dan tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaa pijat refleksi itu enak banget... berapa minggu sekali mba?

      Delete
  7. Wanita memang rentan baper, jika pria bertindak dengan rasio, wanita (konon) bertindak dengan rasa hehee.. Makasih tips2nya mba.. Sukaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mbak Novri... cuma kadang wanita muncul sisi logisnya kalo udah dihadapkan masalah keuangan rumah dan belanjaan yah heheheh

      Delete
  8. Thanks mba, atas tipsnya. Ini berguna banget buat aku yang sedang hamil dan kadang2 membosankan juga dan bikin baper bila keterusan di rumah.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. have fun bumil jalan jalan, bumil hepi janin juga hepi

      Delete
  9. Setuju mom..
    Setiap ibu perlu me time..
    Me time itu ibarat charge smangat.
    Setelah me time siap kembali menghadapi smua aktifitas

    ReplyDelete
  10. Nah, bener, to do list harian itu mencegah daftar pekerjaan terlupa dan mengurangi stress karena terlalu banyak penundaan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak. jadi kita bisa tahu nih mana yang bisa ditunda besok, atau yang harus dikerjakan hari itu

      Delete
  11. Perempuan memang rentan baper ya, Teh. Yah, namanya juga makhluk ini memang diciptakan Allah dengan mengedepankan emosi dibandingkan logika. Urusan capek, omongan orang, kehidupan orang, adaaa saja yang bikin baper.

    Kiat-kiat anti bapernya oke banget itu, Teh. To do list dibuat dan dilaksanakan dengan disiplin, niscaya Mom bisa mengontrol energi yang digunakan, bisa meminimalkan baper sesudahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuul to do list penting, mau yang suibuuk banget atau malah yang banyak nganggurnya. kalo ada to do list kita bs buat planning memanfaatkan waktu yang ada untuk kegiatan yang bermanfaat

      Delete
  12. Me time jitu sekali untuk menghindari baper, memanjakan diri bisa bikin bahagia.

    ReplyDelete
  13. Benar sekali, kalau ibu bahagia pasti seisi rumah juga ceria.

    ReplyDelete
  14. Hidup me time hahaha walau cuma menyempatkan waktu sejenak untuk sekedar minum teh. Demi kewarasan ibu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang ada yang mandi lebih lama itu sudah jadi me time

      Delete
  15. Yes! What a cool tips agar ga mudah baper! Menyisipkan me time juga sangat sangat perlu, ya, Teh? Dengan me time, jiwa dan body kita pasti akan hepi dan merasa diapresiasi, sehingga setelahnya kita akan jauh lebih bersemangat dalam melanjutkan aktivitas harian. Hari-hari akan menjadi lebih indah, penuh manfaat. Nice tips, Teh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak Al... ga harus yang mewah mewah dan durasi lama...

      Delete
  16. Setuju banget mbak 😍 walaupun aku belum punya anak tapi rasanya tetep hectic banget ya hihi apalagi moms2 yang sudah punya kids, dan mereka itu udah super woman banget 😊 yang terpenting me time jangan ketinggalan ya mbak.. biar kita tetep waras dan siap tempur lagi 🤗 thanks for share mbak ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul semua pasti butuh me time.. bahkan yang belum menikah atau yang pekerja kantoran

      Delete
  17. Jurus me time memang paling mujarab biar ibu2 tuh gak baper kalo lagi lelah sama rutinitasnya. Kalo bahasa jaman now biar tetep waras 😂

    ReplyDelete
  18. Aku jarang baper sih, mungkin karena cuek dengan nyinyiran orang. Bisa jadi karena suami juga ngasih perhatian yang cukup, bahkan sering nawarin me time, atau ngajak berdua pacaran gitu, hihii

    ReplyDelete
  19. Perlu banget nih Neng Nunung,, artikelnya. Scr sbg seorang ibu kita kadang merasa hectic ngadepin anak² kok gak abis² yahh wkwk. Yups setuju, jgn lupa me time

    ReplyDelete
  20. Saya lumayan baperan jika masuk siklus bulanan. Makanya wajib banget ngurangin aktifitas fisik karena kelelahan makin bikin baper tak terkendali. Betul banget me time itu penting manjur untuk meredakan baper yang suka muncul tanpa diundang di tengah PMS

    ReplyDelete
  21. PMS datang baper pun muncul, mesti me time karena dengan jalan jalan busa menghilangkan kejenuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. me timenya jalan jalan mbak? wah ke mana biasanya?

      Delete
  22. Hahaha bener mbak, minta bantuan libatin suami terutama kalau misal ada yang gak bis akita selesaikan sendiri.
    Setuju banget mbak me time tu emang sangat penting yaaa. Aku malah seminggu sekali hihihi

    ReplyDelete
  23. Resep anti bapernya patut dicoba ini. Me time mah wajib ya buat emak2 macam kita. Biar waras. Wkwkwkw

    ReplyDelete
  24. Resep anti bapernya patut dicoba ini. Me time mah wajib ya buat emak2 macam kita. Biar waras. Wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh iyah mbak... sila dicoba. temukan me time mbak sendiri

      Delete
  25. walau belum punya anak dan belum berumah tangga, pelajaran dari tulisan ini sangat membantu untuk bisa membayangkan langkah2 apa yang harus dilakukan ketika aku punya anak dan keluarga. thank ya mom...

    ReplyDelete
  26. Betul ya mbak. Bekerja dirumah itu malahan hampir gak ada rehatnya, karena 24/7 on terus. Harus pinter2 mengatur waktu dan mendahulukan kebahagian ibu juga lho. Karna Ibu yang bahagia juga pasti bisa membahagiakan keluarganya

    ReplyDelete
  27. Tips anti bapernya oke mbak. Biar makin banyak mommy yg memilih bahagia.

    ReplyDelete